Soal KUB, Menag: Tidak Melibatkan TNI, Hanya Minta Masukan

Menag Fachrul Razi (Foto: Bella)

(Kemenag) --- Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan Kementerian Agama tidak akan melibatkan TNI terkait kerukunan umat beragama (KUB) di Indonesia.

Hal ini disampaikan Menag di hadapan anggota Komisi VIII DPR RI terkait berhembusnya isu Kemenag menggandeng TNI dalam upaya meningkatkan kerukunan umat beragama.

"Kami hanya ingin mencari informasi tambahan dari Polri dan TNI dalam kaitan upaya kami ingin meningkatkan pelayanan dan kegiatan kegamaan khususnya di Papua. Jadi tidak ada niat sama sekali melibatkan TNI, hanya waktu itu kami minta masukan," kata Menag Fachrul Razi dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi VIII DPR RI, Selasa (07/07).

Rapat Kerja Menag dengan Komisi VIII dipimpin Ketua Komisi Yandri Susanto dan dihadiri anggota komisi serta jajaran pejabat Kementerian Agama.

"Jadi bukan untuk melibatkan TNI atau Polri. Tidak ada pelibatan itu," tegas Menag. 

Kementerian Agama bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) sempat menggelar pertemuan pada 30 Juni 2020. Dalam pertemuan yang dihadiri Waaster Kasad Brigjen TNI Sugiyono, Menag mengatakan sebagai bangsa yang religius yang menempati wilayah sangat luas, selain strategi pertahanan dan militer,  pendekatan keagamaan memiliki peluang dan peran signifikan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Comments