H. Riadul Afkar: Masalah Dalam Perkawinan dan Solusinya

Karimun (Inmas) - Dalam mengarungi kehidupan berumah tangga akan selalu muncul masalah dan masalah tersebut harus segera diselesaikan agar tidak berlarut-larut dan menjadi masalah yang besar. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh H. Riadul Afkar kepada 60 peserta Calon Pengantin kegiatan Bimbingan Perkawinan yang diselenggarakan oleh Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, Senin (31/8/2020) di Aula Kemenag Kabupaten Karimun.

"Macam-macam masalah yang bisa muncul selama kita hidup berumah tangga, seperti masalah psikologis atau ketidaksiapan mental suami dan istri dalam berumahtangga karena masih muda, dan masalah itu harus segera diselesaikan dan dicarikan solusinya agar masalah tidak menjadi semakin besar." Kata H. Riadul Afkar.

Masalah lain yang sering dihadapi dalam berkeluarga, lanjut  H. Riadul Afkar adalah masalah ekonomi keluarga karena tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar keluarga mulai sandang, pangan atau papan.

"Karena itu lah, selalu disampaikan bahwa sebelum menikah itu kita harus siap dalam segala hal, termasuk siap dari segi ekonomi, suami sebagai kepala keluarga harus punya pekerjaan agar bisa memberi nafkah keluarga. Istri bisa membantu suami dengan bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga, baik kebutuhan sandang, pangan dan papan." tambah H. Riadul Afkar.

Masalah berikutnya, masih menurut penjelasan H. Riadul Afkar adalah adanya campur tangan dari pihak keluarga seperti mertua, ipar atau lainnya  dalam kehidupan keluarga. Dan banyak kasus keluarga yang hancur berantakan karena ikut campurnya pihak keluarga dalam kehidupan keluarga suami istri.

"Selanjutnya, masalah yang bisa muncul dalam rumah  tangga adalah adanya Orang Ketiga. Orang Ketiga ini bisa merusak keharmonisan rumah tangga kita.  Ini bisa terjadi kepada suami, juga bisa terjadi pada istri lalu terjadi perselingkuhan dan  berakhir dengan perceraian. Karena itu saya berpesan kepada semua calon pengantin disini, jangan nantinya setelah berkeluarga ada orang ketiga ini. Sangat berbahaya." pesan H. Riadul Afkar.

Masalah perbedaan umur, latar belakang pendidikan, budaya, kebiasaan, hobby dan kesenangan menurut H. Riadul Afkar juga bisa menjadi sumber permasalahan dalam kehidupan keluarga.

"Perbedaan umur, latar belakang pendidikan, budaya, kebiasaan, hobby dan kesenangan juga bisa menjadi permasalahan dalam kehidupan berkeluarga. Suami yang punya kebiasaan berkumpul dengan teman-temannya lalu pulang larut malam, istri yang suka belanja fashion, suami suka nonton siaran bolakaki tapi istri suka nonton sinetron juga bisa menjadi masalah." jelas H.  Riadul Afkar.

Adapun solusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan berkeluarga tersebut, menurut H. Riadul Afkar adalah dengan saling berkomunikasi dan bermusyawarah antara suami dan istri.

"Jadi apapun masalahnya harus diselesaikan dengan cara dibicarakan, dikomunikasikan antara suami atau istri lalu dimusyawarahkan untuk dicarikan jalan keluarnya karena tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan." Pesan H. Riadul Afkar.



Comments