H. Riadul Afkar Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Keluarga


Karimun (Inmas)  -   Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Seksi Bimas Islam kembali mengadakan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin pada hari ini, Selasa (22/9/2020) bertempat di Aula  Kemenag  Kabupaten Karimun. Kasi Bimas Islam, H. Riadul Afkar pada kesempatan tersebut menyampaikan materi tentang Memenuhi Kebutuhan Keluarga. 

"Ada banyak calon pengantin yang melihat kebutuhan rumah tangga adalah kebutuhan yang bersifat materi saja. Padahal disamping yang bersifat materi, terdapat pula kebutuhan keluarga yang bersifat immateri. Kedua kebutuhan ini sama pentingnya dalam membangun mahligai rumah tangga yang harmonis, menentramkan hati, serta penuh dengan kasih dan sayang." Jelas H. Riadul Afkar.    

Jadi bagi calon suami dan istri harus memahami bahwa kehidupan berkeluarga menenteramkan dan penuh kasih sayang tersebut, hanya akan terwujud apabila kebutuhan yang mengiringi pernikahan dari masa ke masa terpenuhi dengan baik. Dan untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, selain kerjasama yang erat antara suami dan istri,suami istri juga harus memahami apa saja kebutuhan yang mungkin timbul dalam perjalanan mengarungi bahtera rumah tangga nanti, juga halangan yang muncul dalam pemenuhan kebutuhan keluarga dan bagaimana strategi yang dapat dipergunakan untuk mencapai pemenuhan tersebut. 

"Kebutuhan keluarga yang bersifat materi merupakan kebutuhan keluarga yang membutuhkan dukungan finansial atau keuangan. Kebutuhan keluarga yang bersifat materi ini terdiri dari dua hal, yaitu kebutuhan fisik dan kebutuhan non fisik. Kebutuhan fisik terdiri dari kebutuhan sandang, pangan, dan papan, sedangkan kebutuhan non fisik seperti biaya-biaya yang terkait dengan kesehatan, pendidikan, pengamanan, rekreasi, hiburan, dan lainnya." Tambah H. Riadul Afkar lagi.

Selanjutnya, masih menurut penjelasan H. Riadul Afkar adalah kebutuhan yang bersifat Immateri merupakan kebutuhan keluarga yang lebih banyak berhubungan dengan rasa kenyamanan dan ketenangan anggota keluarga. Di antara contoh kebutuhan immateri ini adalah rasa mencintai dan dicintai, kasih sayang, rasa aman dan tidak takut, tenang atau tidak khawatir, merasa terlindungi, diperhatikan, dijaga, dihormati, berharga, dipercaya, dan lain sebagainya.

"Oleh karena itu, setiap pasangan calon pengantin yang hendak melangsungkan pernikahan sebaiknya memahami dan memberikan perhatian yang cukup kepada kedua kebutuhan keluarga ini. Karena dengan bekal pengetahuan yang cukup tentang kebutuhan keluarga, potensi masalah yang mungkin timbul bisa dicarikan solusinya. Dan dalam memenuhi kebutuhan keluarga ini pasangan suami istri harus dapat bekerjasama, saling memahami dan saling mendukung satu dengan yang lainnya." Tutup H. Riadul Afkar.



Comments