Pentingnya Catin Mengetahui dan Menjaga Kesehatan Reproduksi

Karimun (Inmas) - Setiap calon pengantin sebelum mengarungi biduk rumah tangga perlu mengetahui dan menjaga Kesehatan Reproduksi, hal ini sangat penting diketahui sebagaimana disampaikan oleh Siti Sudarmi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun kepada 60 peserta Calon Pengantin kegiatan Bimbingan Perkawinan yang diselenggarakan oleh Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, Senin (31/8/2020) di Aula Kemenag Kabupaten Karimun.

Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sedangkan Reproduksi adalah proses biologis suatu individu untuk menghasilkan individu baru untuk meneruskan kehidupan.

"Kesehatan Reproduksi ini penting diketahui agar nanti kita memiliki keturunan yang sehat. Untuk mendapatkan keturunan yang sehat maka perlu suami dan istri yang sehat. Itu ibaratnya sama seperti kita ingin panen tanaman yang bagus dan sehat maka yang pertama adalah lahan harus sehat dan subur, ini artinya istri. Kedua, bibit juga harus sehat, artinya suami juga harus sehat. Ketiga, waktu tanam juga harus waktu yang tepat, jangan waktu musim kemarau kita menanam tanaman. Yang keempat, agar tanaman yang kita tanam tetap sehat maka harus selalu diberi pupuk, artinya harus selalu diberi gizi, gizi dan gizi." Jelas Siti Sudarmi.

Itu sebabnya, kata Siti Sudarmi sebelum menikah ada pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaaan fisik, pemeriksaan penunjang dan status imunisasi TT.

"Pemeriksaan fisik itu meliputi pemeriksaan denyut nadi, frekuensi nafas, tekanan darah, suhu tubuh. Pemeriksaan Status Gizi seperti berat badan, tinggi badan, LILA dan tanda-tanda anemia. Selanjutnya adalah pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan dalam kondisi tertentu adalah pemeriksaan gula darah, HIV, IMS, hepatitis, TORCH, Malaria atau Thalassemia." tambah Siti Sudarmi.

Mengapa calon pengantin perlu mengetahui dan menjaga kesehatan reproduksi karena menurut Siti Sudarmi adalah untuk menjalankan proses, fungsi dan perilaku reproduksi yang sehat dan aman.

"Calon pengantin perempuan akan menjadi calon ibu yang harus mempersiapkan kehamilannya dan calon pengantin laki-laki akan menjadi calon ayah yang juga harus memiliki kesehatan yang baik. Agar menghasilkan anak yang sehat." tambah Siti  Sudarmi lagi.

Oleh karena itu, lanjut Siti Sudarmi, suami dan istri mempunyai hak dan kewajjiban yang sama untuk menjaga kesehatan reproduksi.


Comments