Apresiasi Lomba Video Pendek KUA, Bahrul Hayat: Model Baru Komunikasi Publik

 

Apresiasi Lomba Video Pendek KUA, Bahrul Hayat: Model Baru Komunikasi Publik

  • Rabu, 14 Oktober 2020 17:56 WIB
Suasana technical meeting penjurian Lomba Video Pendek Pelayanan KUA di Masa Pandemi, Selasa (13/10)

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama melalui Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam tengah menggelar Lomba Video Pendek Pelayanan KUA di Masa Pandemi. Lomba yang saat ini tengah masuk proses penjurian final diikuti oleh 857 video yang terdiri dari 402 video kategori KUA, 339 video kategori masyarakat, dan 116 video kategori jurnalis.

Apresiasi  terhadap Lomba Video Pendek Pelayanan KUA di Masa Pandemi datang dari Mantan Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat yang didaulat sebagai salah satu juri dalam helatan tersebut. “Saya sudah menonton video yang saat ini menjadi finalis, dan ini patut diapresiasi serta sangat menarik. Ke depan ini menjadi cara kreatif dan model baru untuk melakukan komunikasi publik,” tutur Bahrul yang ditemui saat melakukan penjurian di Jakarta, Selasa (13/10). 

Menurut Bahrul Hayat informasi-informasi akan dengan mudah didiseminasikan kepada masyarakat. “Dari video yang saya tonton, karakternya beda dengan video yang biasa dibuat oleh kementerian. Ini saya kira akan lebih mudah ditangkap dan diterima masyarakat,” ungkapnya. 

“Menurut saya ini perlu dipikirkan untuk dilanjutkan. Dengan lomba ini, publik juga bisa tercerahkan, dan yang terpenting, mendekatkan layanan KUA kita dengan publik,”lanjut Bahrul. 

Ia pun mengapresiasi keterlibatan pegawai KUA dalam lomba video tersebut. “Terlihat dalam pembuatan video tersebut mereka juga memiliki ruang untuk mengembangkan dirinya. Jadi saya kira, lomba ini baik untuk ke dalam (lingkungan internal Kemenag), dan baik untuk publik,”tegas Bahrul. 

Sementara Sekretaris Ditjen Bimas Islam Fuad Nasar yang juga hadir dalam proses penjurian berharap dengan adanya  lomba video pendek ini pihaknya dapat menangkap harapan dan evaluasi masyarakat terkait pelayanan KUA. “Ini menarik. Karena dalam video pendek ini, kita tidak hanya melihat KUA dari bingkai internal Kemenag saja. Tapi juga kita melihat frame lain yakni dari unsur masyarakat dan jurnalis,” tuturnya. 

Penjurian lomba video pendek layanan KUA kategori KUA berlangsung selama dua hari mulai 13-14 Oktober 2020. Hadir sebagai juri dalam penjurian tersebut dari unsur internal Kemenag Staf Ahli Menag Muhammadiyah Amin, Mantan Sekjen Kemenag Bahrul Hayat, Sesditjen Bimas Islam Fuad Nasar, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Muharam, serta Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Tarmizi. Sementara, dari unsur eksternal hadir Komisioner KPI Pusat, Praktisi Media dari TVRI, Kompas TV, dan Net TV, serta Digital Media Analyst. Pengumuman pemenang akan dilakukan di Jakarta, pada 27 Oktober 2020.

Comments