Bahas Persiapan MTQN Ke-28, Kemenag: Bila Sukses, Bisa Jadi Rujukan

 

Bahas Persiapan MTQN Ke-28, Kemenag: Bila Sukses, Bisa Jadi Rujukan

  • Jum'at, 09 Oktober 2020 08:23 WIB
Foto: Bimas Islam

Bogor (Kemenag) --- Kementerian Agama terus mematangkan persiapan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-28, yang akan digelar di Kota Padang, Sumatera Barat pada 12 – 21 November 2020. 

Dalam pembahasan  yang dilakukan di Bogor, Jawa Barat, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin berpesan agar persiapan yang dilakukan dapat merespon persoalan aktual yang terjadi di lapangan, termasuk langkah antisipasi pencegahan penyebaran covid-19 selama pelaksanaan. 

“Kesuksesan Indonesia dalam menggelar MTQ Nasional, bisa menjadi contoh negara lain dalam menyelenggarakan MTQ,” ujar Kamaruddin, Kamis (08/10). 

Kamaruddin, yang didampingi Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Juraidi,  juga menekankan pentingnya pembekalan bagi panitia dan panitera MTQN ke-28. “Mudah-mudahan dengan pembekalan panitia dan panitera MTQN ke-28 di Sumatera Barat tahun 2020 ini dapat berjalan sukses,” tutur Kamaruddin di hadapat pejabat eselon III dan IV Ditjen Bimas Islam yang hadir. 

Sementara sebelumnya Direktur Penais Juraidi menyampaikan, hingga pendaftaran MTQ Nasional ditutup pada 30 September 2020, tercatat sebanyak 1.969 peserta telah mendaftarkan diri secara daring melalui aplikasi e-MTQ. 

Ia juga menyampaikan, karena MTQN digelar dalam suasana pandemi maka sejumlah langkah penerapan protokol kesehatan akan dilakukan. Ini dimulai sejak keberangkatan peserta dari daerahnya masing-masing. 

“Semua kafilah wajib melakukan swab test (tes usap). Setiap venue akan dijaga ketat oleh petugas untuk memastikan dipatuhinya protokol covid-19,”tegas Juraidi, Minggu (04/10). 

“Kami akan mengantisipasi sejak awal agar tidak ada kerumunan selama penyelenggaraan MTQ Nasional,” tandasnya.

Comments