Bina Jemaah Haji dan Umrah, Kemenag Apresiasi KBIHU

 

Bina Jemaah Haji dan Umrah, Kemenag Apresiasi KBIHU

  • Sabtu, 10 Oktober 2020 23:01 WIB
Dirjen PHU Nizar saat Kegiatan Jamarah di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah

Karanganyar (Kemenag) --- Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar mengapresiasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) karena ikut bekerjasama dalam melakukan pembinaan manasik haji dan umrah.

"KBIHU sangat membantu kami dalam hal pembekalan jemaah haji, kaitannya dengan manasik haji," kata Nizar dalam Pembinaan KBIHU Pasca Pandemi Covid-19 Angkatan II di Karanganyar Jawa Tengah, Sabtu (10/10).

KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah), kata Nizar, memiliki tugas untuk mengawal jemaah sebelum keberangkatan, saat keberangkatan dan saat kepulangan dengan tujuan jemaah haji dapat mendapatkan haji mabrur.

Untuk pasca haji, lanjut dia, kaitannya dengan menjaga kemabruran haji diurus oleh IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia). "Bagi yang belum berhaji dinaungi oleh KBIHU dan bagi yang sudah berhaji dinaungi oleh IPHI," jelas Nizar.

Nizar pun menyampaikan pentingnya manasik haji. UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengatur,  Menteri Agama bertanggung jawab memberikan pembinaan haji kepada jemaah. Pembinaan harus dilaksanakan secara terencana, terstruktur, terukur, terpadu sesuai standar pembinaan dan kesehatan.

Di samping itu, pelaksanaan pembinaan haji juga diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 79 tahun 2012 tentang bimbingan ibadah dan kesehatan, hak dan kewajiban jemaah haji.
Landasan perundang-undangan lainnya terdapat pada PMA nomor 13 tahun 2018 terkait dengan domain pembimbing ibadah harus bersertifikasi secara legal.

"Secara legalitas, Kementerian Agama bekerjasama dengan PTAIN berkaitan dengan sertifikasi pembimbing ibadah haji dan umrah untuk mengukur tingkat profesionalitas," kata Nizar.

Ia pun menyampaikan bahwa jumlah bimbingan manasik haji dilaksanakan sebanyak 10 kali di luar jawa dan 8 kali di Jawa, kecuali Banten dan DI Yogyakarta.

"Saya berharap terdapat sinergitas antara KUA dan KBIHU supaya dapat dilaksanakan secara efektif," pesannya.

Hadir dalam acara tersebut Anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti, Kepala Kanwil Kemenag Jateng Musta'in Ahmad, pimpinan dan perwakilan dari KBIHU, PPIU, PIHK, pegawai Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, serta pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Comments