Menag Yakin Pesantren Bisa Lewati Pandemi Covid-19 dengan Baik

 

Menag Yakin Pesantren Bisa Lewati Pandemi Covid-19 dengan Baik

  • Kamis, 22 Oktober 2020 09:06 WIB
Foto (Rikie)

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Fachrul Razi yakin bahwa santri dan keluarga besar pesantren dapat melewati pandemi covid-19 ini dengan baik. Hal ini disampaikan Menag saat memimpin upacara Hari Santri 2020 di halaman Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Menurutnya, peringatan hari santri tahun ini secara khusus mengusung tema ‘Santri Sehat Indonesia Kuat’. Isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia, saat ini tengah dilanda Pandemi covid-19.

“Tema ini merupakan jawaban dari komitmen kita bersama dalam mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren. Saya yakin, jika santri dan keluarga besar pesantren sehat, bisa melewati pandemi covid-19 dengan baik, Insya Allah, negara kita juga akan sehat dan kuat,” kata Menag, di Jakarta, Kamis (22/10).

Disampaikan Menag, tujuh bulan masa pancemi, banyak pesantren yang telah berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak penyebaran Covid-19. Ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimiliki.

“Tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian kiai dan pimpinan pesantren menjadi kunci. Semua tetap mengutamakan keselamatan santrinya,” kata Menag.

Menag berharap keluarga pesantren, masyarakat Indonesia dan warga dunia bisa melewati pendemi covid-19 ini dengan baik.

Upacara hari santri tahun 2020 ini diikuti oleh seluruh pejabat eselon I, II, III, IV dan sebagian ASN Kemenag dengan mematuhi protokol kesehatan.

Comments